Ketahui Apa Saja Starter Kit yang dibutuhkan Sebelum Adopsi Kucing

Mempunyai kucing di era ini merupakan hal yang biasa. Makhluk lucu ini memang sedang menyedot perhatian akhir-akhir ini karena selain lucu, dia juga bisa bertingkah seperti manusia. Mulai dari yang bisa diajak komunikasi, tidur bareng, jaga anak bayi, sampai diajak nemenin ke kamar mandi. Nah sebelum kalian mengadopsi seekor kucing, kalian harus tau lho starter kit apa saja yang dibutuhkan untuk para new pawrents.

Ingat ya, untuk mengadopsi seekor kucing kita harus memiliki komitmen untuk merawat seumur hidup dan tidak menelantarkannya saat sakit suatu hari nanti. Berikut adalah starter kit untuk para new pawrents agar lebih siap ketika ingin mengadopsi kucing.

1. Pasir kucing dan litter box

Pasir kucing dan litter box ini merupakan alat nomer satu yang paling penting. Kenapa enggak? Kalau tidak ada pasir maka selesai sudah hidup kita. Ingat ya, untuk mengadopsi seekor kucing maka kucinglah yang akan menjadi juragannya sedangkan kita otomatis akan menjadi babu hehe. Jika kalian tidak ingin pup kucing kalian berserakan dimana-mana maka litter box dan pasir nya adalah pet kit yang wajib kalian beli.

Source: Halodoc 

2. Makanan

Perlu diketahui bahwa makanan kucing ini terdiri dari dua jenis yaitu  makanan basah (wet food) dan juga makanan kering (dry food). Untuk para new pawrents bisa membeli keduanya di petshop terdekat. Makanan sehari-hari yang biasa di makan oleh kucing pada umumnya adalah dry food atau makanan kering yang bentuknya seperti pelet atau sering juga kita sebut sebagai kibble. Untuk para new pawrents bisa juga beli makanan basah untuk selingan supaya tidak boncos.

Source: Purina Indonesia
Oh ya, kalian juga bisa membeli mangkok makanannya juga ya. Tetapi jika tidak mau maka pawrents juga bisa gunakan mangkok bekas yang ada dirumah. 

3. Sisir kucing

Kenapa sisir menjadi salah satu pet kit yang penting? Jawabannya adalah karena kita harus menyisir anabul kita setiap hari. Yaa, setiap hari. Terlebih ketika kucing pawrents adalah jenis kucing yang berbulu panjang seperti anggora dan persia. Bulu kucing ini harus disisir setiap hari agar tidak kusut. Jika sudah terlanjur kusut maka harus digunting bagian kusutnya atau harus dicukur di pet salon. Itulah mengapa menyisir kucing setiap hari merupakan suatu kewajiban. Oh ya, bentuk sisir kucing juga berbeda lho dengan sisir manusia. Selain itu jenis sisir juga beragam sesuai dengan fungsinya masing-masing.

4.Obat-obatan

Sebenarnya jika kucing pawrents sakit bisa langsung membawanya ke dokter hewan, tapi sebelum itu terdapat obat-obatan yang penting banget untuk persediaan stok. Pertama adalah obat cacing. Kucing tidak terlepas dari cacing terlebih kitten yang baru saja diadopsi dari jalanan. Maka obat cacing menjadi salah satu hal yang sangat penting. Bila ingin dibawa ke dokter hewan, dokter akan dengan senang hati memberikan obat cacing ke kucing pawrents tetapi yang pasti maka biaya yang dikeluarkan akan berbeda apalagi obat cacing ini diberikan rutin ya setiap tiga bulan. Kedua adalah obat kutu. Walaupun kucing pawrent tidak terindikasi berkutu tetapi tetap saja obat kutu ini harus diberikan rutin untuk pencegahan yaa. Jadi pastikan untuk menyetok dua obat diatas di rumah ya pawrents. 

                    


5. Kandang dan pet cargo

Kalau ini opsional yaa. Jika kucing kalian tidak akan dikandang dan dibebaskan didalam rumah maka tidak perlu dibeli. Tetapi terdapat beberapa pawrents yang akan memasukkan kucing ke dalam kandang ketika malam hari. Alasannya adalah karena kucing meruapakan hewan nokturnal atau biasa aktif di malam hari sehingga mungkin akan mengganggu pawrents yang sedang tidur. Maka kandang adalah solusi agar kucing juga ikut tidur dimalam hari.

Pet cargo merupakan kandang kecil yang dapat dibawa keman-mana. Kandang ini hanya digunakan sementara ya, maksudnya hanya digunakan saat bepergian atau membawa kucing pawrents yang sakit ke dokter hewan. 

                    


6. Mainan

Mainan kucing juga opsional bisa kalian beli atau tidak. Jika kalian mengadopsi kitten maka mainan ini menjadi salah satu opsi yang harus kalian beli agar kucing kalian menjadi aktif bergerak. Apabila kucing kalian sudah besar maka biasanya kucing sudah tidak tertarik dengan mainan dan tidak akan memberikan respon apapun. Jika kalian tidak ingin membeli mainan, kalian juga bisa membuat mainan sendiri loh dari kertas yang di remas membentuk bola.    



 Berikut merupakan starter kit yang diperlukan sebelum mengadopsi kucing. Semoga dengan persiapan yang matang dapat membantu kamu ya dan kucing yang akan diadopsi juga akan nyaman. 

Kalau bingung mau beli dimana bisa klik link dibawah untuk link pembeliannya!

Pasir kucing https://shope.ee/5Kl5fI8sdv

Litter box https://shope.ee/1qBDVECqSO

Makanan Basah https://shope.ee/508FGYZRqw

Sisir Kucing https://shope.ee/600mSfKEkt

Mainan https://shope.ee/3VJRUC4jLP

Pet cargo https://shope.ee/A9qLQenEJs


Komentar